RSS

Diversifikasi dan Kendala dalam Berinvestasi

06 Feb

Hello Moms!
Masih ingat kan tentang pepatah jangan letakan semua telur di keranjang yang sama?🙂 Idealnya diversifikasi tidak hanya dilakukan pada instrumen yang sama saja, misalnya menyebarkan deposito pada beberapa bank, tetapi justru pada instrumen investasi yang berbeda, misalnya deposito, saham, obligasi, properti, emas dan reksadana.
Juga bisa lebih bagus lagi apabila kita lakukan diversifikasi waktu, yakni investasi tidak kita lakukan sekaligus pada waktu sama, tetapi dicicil sebagian-sebagian.
Berkaitan dengan diversifikasi pengelolaan investasi sering kali disebut sebagai manajemen portofolio karena penempatan investasi akan berupa portofolio alias kumpulan dari berbagai instrumen investasi. Penyebaran investasi ini dapat membantu mengoptimalkan hasil investasi dengan mengkombinasikan berbagai instrumen sehingga memberikan potensi return yang lebih tinggi dari deposito namun dengan tingkat resiko yang relatif tidak tinggi.
Ada berbagai kendala apabila kita ingin membuat portofolio investasi kita, diantaranya pengetahuan yang terbatas, dana yang terbatas, informasi terbatas, waktu yang cukup untuk mengikuti pergerakan pasar, serta malas direpotkan oleh berbagai urusan administrasi.
Idealnya kalau kita memiliki semua hal diatas kita bisa investasi langsung ke bursa, yakni dengan menghubungi perantara pedagang efek untuk membeli saham atau obligasi atau SBI.
Namun apabila kita tidak memiliki modal yang sedemikian besar dan juga tidak memiliki waktu dan akses untuk selalu up to date ke informasi pasar terkini apa dong solusinya?
Jawabannya adalah REKSA DANA!
Reksadana itu sendiri adalah suatu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi yang telah mendapat ijin dari Bapepam.
Reksadana ini dirasakan perlu ada dikarenakan alasan diatas tadi moms, karena umumnya investor merasa kesulitan waktu, tenaga, dana dan informasi untuk melakukan berbagai analisa dan memonitor kondisi pasar secara terus menerus dalam rangka melakukan investasi sendiri pada bursa secara langsung.

Wah wah wah, makin seru ya belajar investasi kita ini, tunggu postingan kita selanjutnya tentang reksa dana ya moms🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: